Halo netizen!
Pada post kali ini saya akan membagikan pada kalian tutorial membuat animasi pada software Blender. Animasi yang akan kita buat adalah animasi sederhana dengan karakter jamur sebagai karakter utama, jamur yang saya maksud adalah jamur seperti pada game mario bros. Nantinya animasi kami ini akan berfokus pada petualangan si jamur kecil ini.
Kami ? ya, project ini saya kerjakan bersama kedua teman saya, kalian dapat menemukan tutorial serupa pada blog mereka yaitu :
Galih Andika Muhammad http://galihandikamp.blogspot.co.id/
M. Ade Fauzi Siregar http://adefauzisiregar.blogspot.co.id/?m=1
Nah sebelum saya jelaskan cara membuat animasinya, saya akan menjelaskan hal paling mendasar dari pembuatan animasi tersebut, yaitu
Membuat Object
Seperti yang sudah saya bilang, object utama kami adalah karakter jamur.yang kurang lebih akan berbentuk seperti ini :
Nah langsung saja kita masuk ke pembahasan tutorial, Berikut adalah langkah
– langkah dalam pembuatan objek menggunakan aplikasi Blender :
1.
Buka aplikasi blender,
versi yang akan kita gunakan adalah Blender versi 2.78
2.
Setelah terbuka, akan
ada object default berbentuk kubus , hapus objek tersebut dengan menekan tombol
X, lalu pilih delete
3.
Buat objek baru dengan
menekan tombol shift+A, pilih mesh, cylinder
4.
Setelah muncul. set
properties pada tab kiri bawah menjadi seperti di bawah
5.
Setelah muncul objek
tekan A untuk select semua bagian objek
6.
Pada tab kiri bawah
pada bagian extrude pilih loop cut and slide
7.
Tempatkan lingkaran
pada bagian atas silinder. Lingkaran ini adalah edges untuk menambah variasi
bentuk
8.
Lingkaran bisa
dipindahkan dengan menekan tombol G untuk translate, pilih lingkaran dengan
menekan alt dan klik kanan pada lingkaran
9.
Tambahkan 2 lingkaran
lagi seperti pada gambar di bawah
Selanjutnya pilih
bagian edges atas terluar pada silinder, dapat di select dengan menekan tombol
shift dan klik pada masing masing edges. Selanjutnya tekan S untuk scale ,
arahkan ke tengah seperti pada gambar
Lakukan pada bagian
bawah hingga menjadi seperti gambar berikutnya
Pilih bagian lingkaran
seperti pada di gambar
Translate dengan
menekan tombol G dan tarik ke atas
Alihkan pandangan
sehingga seperti gambar di bawah, ubah view menjadi faces dan pilih faces pada
objek seperti di gambar
Tekan E untuk extrude
dan tarik kursor ke bawah hingga seperti pada gambar di bawah
Lakukan langkah langkah di atas (loop cut, select, translate,scale)
dan bentuk seperti gambar di bawah
Tekan A untuk select
all object lalu pindahkan / transform lokasi seperti pada setiingan di tab
kanan pada gambar ( x =0, y= 0 , z = 1 )
Pada tab properties di
kanan pilih icon material dan pada tab
tersebut tekan new sehingga seperti gambar.
Tarik keluar jendela baru dengan mengklik segitiga di kanan atas jendela
dan seret ke kiri. Kita memerlukan dua jendela untuk operasi ini karena kita
perlu melihat gambar tekstur sambil melihat objek 3D sehingga dapat melihat
bagaimana objek 3D terlihat saat melukis teksturnya. Ubah jendela kiri menjadi
UV / Image Editor dengan mengklik ikon kubus kecil di kiri bawah layar dan
memilih UV / Image Editor, seperti di pada gambar di atas.
Saat ini editor UV
kosong, karena Anda belum membuka bingkainya. Kembali ke jendela kanan, dan
tekan A untuk memilih semua. Pilih Mesh dari toolbar bawah tampilan 3D, pilih
UV Unwrap> Smart UV Project, dan pilih opsi default saat popup muncul dengan
mengklik OK.
Sekarang di UV Editor,
Anda akan melihat semua wajah jamur yang dipetakan ke gambar
Tekan B untuk
mengaktifkan kotak-pilih dan gunakan tombol kiri mouse untuk menyeret kotak di
atas wajah kepala jamur, seperti yang ditunjukkan di bawah. Lalu, unwrap kembali dengan memilih Mesh>
UV Unwrap> Unwrap. Sehingga seperti gambar
Lakukan hal yang sama
pada batangnya. pilih Mesh> UV Unwrap, tapi kali ini pilih Silinder, karena
batangnya agak silindris. Di UV Editor, Anda mungkin harus memperkecil tampilan
untuk melihat secara penuh
Klik a untuk select
all dan pada uv map akan ada faces secara keseluruhan
Kembali ke jendela 3D
, dan klik ikon Display di toolbar bawah. Saat ini disetel ke Solid, namun
pilih Tekstur. Sekarang tampilan 3D akan menampilkan tekstur
Pilih jamur
Anda lagi dengan tombol mouse sebelah kanan dan tekan Tab untuk beralih ke mode
Edit. Tekan A untuk memilih semua, dan kita akan melihat UV muncul di UV Editor.
Klik tombol
New di bagian bawah UV Editor untuk menambahkan gambar baru di balik meshes.
Beri nama gambar "jamur21", dan klik pada color swatch. Atur
parameter warna ke Red = 1.0, Green = 0, Blue = 0, dan Alpha = 1, seperti
gambar di bawah
Sekarang jamur akan
berwarna merah
Ubah setting pada
slots, ganti painting mode manjadi image dan pilih gambar sesuai dengan yang
tadi kita save pada bagian canvas image
Selanjutnya dengan
brush buat titik putih agar jamur kita terlihat lebih mirip jamur
Jika diinginkan kita
dapat merubah setiing brush seperti pada tab kanan pada gambar, lalu lanjut
membuat titik putih untuk menghias jamur
Selanjutnya warnai
bagian batang dengan cara mewarnai bagian mesh pada UV map editor sebelah
kanan.
Tambahkan bagian detil
seperti mata dengan cara menggambar dengan brush
Jamur sudah selesai
dibuat, jangan lupa save file dan export bila perlu.
Sign up here with your email
2 comments
Write commentsbagaimana cara set properties di langkah 5 tersebut ???
ReplyMembuat Objek Pada Blender (Jamur Mario Bros) - Spectacles >>>>> Download Now
Reply>>>>> Download Full
Membuat Objek Pada Blender (Jamur Mario Bros) - Spectacles >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Membuat Objek Pada Blender (Jamur Mario Bros) - Spectacles >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK AY
ConversionConversion EmoticonEmoticon