Pada tahap perencanaan TSI yang akan dilakukan adalah menentukan ruang
lingkup (scope), objek yang akan diaudit, standard evaluasi dari hasil audit
dan komunikasi dengan managen pada organisasi yang bersangkutan dengan
menganalisa visi, misi, sasaran dan tujuan objek yang diteliti serta strategi,
kebijakan-kebijakan yang terkait dengan pengolahan investigasi. Jika proses perencanaan dilaksanakan secara efektif, maka tim audit akan sukses. Sebaliknya, jika dilakukan dengan buruk dan pekerjaan dimulai tanpa rencana dan tanpa jelas arah, upaya tim audit bisa berakibat pada kegagalan. Tujuan dari proses perencanaan adalah untuk menentukan tujuan dan ruang lingkup audit. Anda perlu menentukan apa yang ingin anda capai dengan ulasannya. Proses perencanaan ini membutuhkan penelitian yang cermat, pemikiran, dan pertimbangan untuk setiap audit.
Perencanaan meliputi beberapa aktivitas utama, yaitu:
- Penetapan ruang lingkup dan tujuan audit
- Pengorganisasian tim audit
- Pemahaman mengenai operasi bisnis klien
- Kaji ulang hasil audit sebelumnya
- Penyiapan program audit
Perencanaan sebelum menjalankan proses audit dengan metodologi audit
yaitu:
- Audit subject
- Audit objective
- Audit Scope
- Preaudit planning
- Audit procedures and Steps for data gathering
- Evaluasi hasil pengujian dan pemeriksaan
- Audit report preparation
Berikut struktur isi laporan audit secara umumnya (tidak baku):
a) Pendahuluan
b) Kesimpulan umum auditor
c) Hasil audit
d) Rekomendasi
e) Exit interview
Direferensikan sebagai bagian dari
setiap proses perencanaan audit:
1. Melepaskan dari manajer audit
2. Survei pendahuluan
3. Permintaan pelanggan
4. Daftar periksa standar
5.
Penelitian
6.
Penilaian
7.
Penjadwalan
8.
Memulai rapat
jika audit termasuk dalam rencana
audit, pasti ada beberapa alasan. Manajer audit harus menyampaikan kepada tim
audit informasi tersebut yang menyebabkan audit dijadwalkan. Ini mungkin
termasuk komentar dari it manajemen dan / atau kekhawatiran yang diketahui di
daerah tersebut. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya audit dijadwalkan
perlu dicakup dalam rencana audit. Selain itu, manajer audit harus dapat
memberikan tim audit kontak kunci untuk audit tersebut.
Tim audit harus meluangkan waktu sebelum setiap audit melakukan survei
pendahuluan di wilayah yang akan diaudit untuk memahami apa auditnya akan
memerlukan. Hal ini kemungkinan akan mencakup wawancara dengan pelanggan audit
untuk memahami fungsi sistem atau proses yang sedang ditinjau, serta review
dari setiap yang bersangkutan dokumentasi. Tujuannya adalah untuk mendapatkan
latar belakang dan pemahaman dasar area yang akan ditinjau. Hal ini diperlukan
untuk melakukan penilaian awal terhadap risiko di daerah.
d. Daftar standar
e. Penelitian
f. Penilaian
Tipe-tipe resiko terdiri dari:
1. Resiko pengembangan
2. Resiko Kesalahan
3. Resiko Terhentinya Bisnis
4. Resiko Pengungkapan Informasi
5. Resiko Penggelapan
Proses penilaian resiko dapat dilakukan melalui tahap-tahap berikut ini:
a. Identifikasi objek (asset) yang akan dilindungi
b. Penentuan ancaman yang dihadapi
c. Menetapkan peluang kejadian
d. Menghitung besarnya dampak dan kelemahan sistem
e. Menilai alat-alat pengamanan yang ada
f. Rekomendasi dan implementasi
Elemen penting dari proses perencanaan adalah penjadwalan audit (yaitu,
menentukan saat audit akan berlangsung). Daripada mendikte kapan audit akan
terjadi berdasarkan semata-mata pada kenyamanan tim audit, penjadwalan audit
harus dilakukan bekerja sama dengan nasabah audit. Ini akan memungkinkan tim
audit untuk melakukannya pertimbangkan absensi personil dan waktu aktivitas
tinggi, di mana tim audit mungkin tidak bisa mendapatkan waktu dan perhatian
yang tepat dari organisasi mereka.
Menjelang akhir proses perencanaan, memulai harus dilakukan dengan audit
pelanggan sehingga anda dapat mengkomunikasikan apa yang masuk dan keluar dari
ruang lingkup proyek audit dan juga menerima masukan terakhir mereka.
source :
http://mirzahtale.blogspot.co.id/2017/10/audit-teknologi-sistem-informasi.html?view=sidebar
http://novitasi.blogspot.co.id/2017/10/audit-tsi.html
http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/07/25/teknologi-sistem-informasi-tsi/
Sign up here with your email
1 comments:
Write commentsPerencanaan Audit Teknologi Sistem Informasi - Spectacles >>>>> Download Now
Reply>>>>> Download Full
Perencanaan Audit Teknologi Sistem Informasi - Spectacles >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Perencanaan Audit Teknologi Sistem Informasi - Spectacles >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK oN
ConversionConversion EmoticonEmoticon